PM TURKI BERSUMPAH MENENTANG AGRESI ISRAEL

MINA ERDOGAN 300x203 PM TURKI BERSUMPAH MENENTANG AGRESI ISRAEL

Tokat, Turki, 12 Ramadhan 1435/10 Juli 2014 (MINA) – Perdana Menteri Turki dan calon presiden Recep Tayyip Erdogan bersumpah, negaranya akan terus  membahas upaya menentang agresi Israel terhadap rakyat Palestina.

Berbicara dalam sebuah reli di kota Anatolia pusat, kota Tokat, Kamis, ia mengritik respons oposisi calon presiden Turki terkait serangan sengit militer pendudukan Israel di Jalur Gaza.

“Oh Tuhan, Israel membombardir orang tak berdaya,” kata Erdogan kepada para pendukungnya, Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Leluhur saya berkelana dari Malazgirt sampai ke Eropa, Yaman dan Tunisia dengan kuda, mengapa saya tidak peduli kepada tetangga saya di Irak, Suriah, Mesir dan Gaza?” tambahnya.

Erdogan mengacu pada sejarah pemerintahan Ottoman yang memiliki wilayah luas dari Asia ke Eropa dan Afrika, dan mengatakan bahwa Turki tidak bisa menutup mata terhadap rasa sakit dan penderitaan rakyat di berbagai negara di Timur Tengah dan tempat lain di dunia.

Sebelumnya dalam sebuah wawancara di saluran televisi swasta, calon presiden lainnya, Ekmeleddin Ihsanoglu, mantan Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama Islam mengatakan bahwa Turki harus tetap memihak pada masalah Palestina.

Eskalasi terbaru terjadi mengikuti hilangnya dan kematian tiga pemukim Yahudi remaja di Tepi Barat bulan lalu dan pembunuhan berikutnya oleh ekstremis Yahudi terhadap seorang anak Palestina 16 tahun.

Turki akan melaksanakan pemilihan presiden  pada 10 Agustus untuk memilih presiden pertama mereka secara demokratis. (T/P09/EO2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s