Cara Mengetik Dengan 10 Jari

CARA MENGETIK 10 JARI

Mengetik sepuluh jari dapat dilakukan dengan cepat jika kita dapat menggunakan kemampuan sepuluh jari kita dan tanpa melihat tombol keyboard terlebih dahulu (blind system). Dengan seperti ini kita dapat menyelesaikan ketikan dalam waktu yang lebih singkat, lebih mudah, dan lebih menyenangkan. Mengetik dengan sepuluh jari dan tanpa melihat tombol keyboard dapat kita pelajari dengan lebih mudah dan lebih menyenangkan tentunya.

Untuk belajar mengetik di komputer telah tersedia banyak software, ada yang bersifat free, trial, shareware, fullversion. Anda dapat memilih sendiri aplikasi untuk belajar mengetik. Dengan menggunakan software tutor ini kita dapat mempercepat kemampuan mengetik kita, karena aplikasi ini dapat digunakan oleh siapa saja walaupun sudah memiliki kemampuan mengetik di atas rata-rata.

Salah satu aplikasi yang sering digunakan selama ini yaitu TypingMaster. Dengan bantuan aplikasi kita dapat melatih kemampuan anak-anak, untuk menggunakan kemampuan menggunakan semua jari tangannya untuk mengetik. Namun, dalam penggunaan sepuluh jari ini dilarang untuk melihat tombol keyboard. Karena kita akan melatih kemampuan tangan untuk menghapal seluruh tombol keyboard tanpa bantuan mata (blind). Sekali lagi, jangan menggunakan mata. Tapi, gunakanlah kemampuan raba dan imajinasi Anda. Dan yang terpenting dalam meletakkan posisi tangan kita pada keyboard adalah posisi jari telunjuk kanan dan kiri kita di keyboard pertama kali, yaitu harus diletakkan pada huruf F dan J sebagai patokan kita. Di kedua tombol tersebut sudah ditandai dengan sedikit tonjolan untuk memudahkan kita mengenali kedua tombol tersebut.

TypingMaster ini dapat membantu Anda yang ingin belajar mengetik sepuluh jari tanpa melihat tombol keyboard. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai permainan untuk meningkatkan kecepatan mengetik Anda di setiap sesi pelajaran. Selain itu kita dapat melatih kemampuan mengetik kita dengan teks yang telah disediakan serta dapat melihat hasil kemampuan mengetik kita kemudian mencetaknya, sehingga Anda memiliki Ijazah mengetik sendiri yang terdiri dari: kecepatan, keakuratan, dan durasi waktu yang digunakan.

Sebenarnya bagaimana sih cara mengetik cepat itu?

Untuk mengetik dengan 10 jari dengan cepat maka posisi jari wajib bertumpu pada posisi berikut:

  • Letakkan jari kanan dan diri anda di rumah jari. Di semua keyboard terdapat benjolan  pada huruf F dan huruf J ini yang di sebut rumah jari. Jari telunjuk tangan kiri harus siap pada tombol F pada keyboard. Jari tangan yang lainnya berderet ke kiri bertumpu pada satu-satu tombol keyboard. Begitupun dengan jri telunjuk kanan anda lakukan seperti petunjuk di atas.
  • Jempol harus siap selalu pada tombol spasi. Gunakan jempol anda ketika mengetik sepasi, sebaiknya digunakan bersilangan, apabila huruf berakhir di tangan kanan maka sepasinya dengan jempol kiri.begitu juga sebaliknya.
  • Untuk tombol-tombol yang lain menyesuaikan pada area jari. Dasarnya hanyalah diatas, yaitu telunjuk kiri pada F dan telunjuk kanan pada J.

Tuts kunci yang dipergunakan adalah :

a s d f dan j k l ;

huruf a — kelingking kiri
huruf s — jari manis kiri
huruf d — jari tengah kiri
huruf f — telunjuk kiri

huruf j — telunjuk kanan
huruf k — jari tengah kanan
huruf l — jari manis kanan
tuts ; — kelingking kanan

2 ibu jari — spasi bar

tangan kiri

setiap jari akan menekan tuts yang satu kolom baik di atas tuts kunci maupun di bawah tuts kunci
q w e rt yu i o p
a s d fg hj k l ;
z x c vb nm , . /

lakukan juga petunjuk diatas pada tangan kanan.

*Selamat Belajar*

https://sunsundanes.wordpress.com/2012/08/13/cara-mengetikdengan10jari/

One thought on “Cara Mengetik Dengan 10 Jari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s