CARA MENGATASI LAPTOP SERING HANG

LAPTOP ANDA SUKA NGEHANG? Ini diakibatkan karena beban akses yang melebihi kemampuan proccessor pada laptop kita,salah satunya menggunakan laptop labih dari dua jam tanpa coolingpad/kipas pendingin sehingga suhu pada proccessor menjadi tinggi dan melebihi batas maksimal suhu proccessor itu sendiri. Perlu diingat Laptop berbeda dengan PC dari segi ruang penempatan komponennya.

Cara mengatasinya :

Selalu gunakan coolingpad jika batas pemakaian lebih dari 2jam.Lain halnya jika anda memakai laptop ditempat berAC tentu coolingpad tidak diperlukan. Karena suhu ruangan akan otomatis menstabilkan kerja proccessor. Jangan sering kali memakai laptop tanpa coolingpad dalam jangka waktu lama karena hal ini akan menyebabkan proccessor matot (mati total).

Kurangi akses software secara bersamaan, atau selalu refress jika terjadi hang atau jika kerjaan anda mengharusakan banyak yang diakses secara bersamaan, lakukan upgrade memory laptop.

Artinya anda harus menambah kapasitas memory laptop anda.Karena salah satu gejala hang pada laptop selain pada proccessor adalah terletak pada memory. Memory kurang atau memory rusak menyebabkan hang pada laptop.

Matikan PC yang tertera pada memory laptop anda sama atau mendekati,karena kalau tidak sama tidak akan support atau malah semakin lambat kerja laptop kita. PC pada memory biasanya tertera pada labelnya misalkan PC4200,PC6400.

Upgrade antivirus dan scan semua file anda sehingga terbebas dari virus.  Ini juga salah satu penyebab laptop anda hang. Jika virus dalam laptop anda melebihi 100, maka langkah terbaik install ulang laptop anda.

Defrag HDD anda, fungsinya untuk merapikan file-file anda jangan sampai file berserakan karena ini juga termasuk salah satu penyebab hang pada laptop.

Lakukan defrag hanya jika anda memasukan file lebih dari 1GB dalam beberapa folder. Jangan terlalu sering defrag hdd karena akan menurunkan ferforma hdd laptop anda. Lakukan hanya untuk langkah terakhir.

Cara defrag

  1. Klik kanan My Computer
  2. Klik manage
  3. Klik defragmenter
  4. Pilih drive yang akan di defrag C/D
  5. Klik defragment
  6. Biarkan proses defrag sampai selesai merapikan file anda
  7. Close program

Jadi cara mengatasi hang pada laptop anda hanya melakukan langkah mudah saja:

  1. Pergunakan coolingpad saat menggunakan laptop lebih dari 2jam
  2. Kurangi akses software secara bersamaan
  3. Upgrade memory
  4. Bebaskan file dari virus dengan upgrade antivirus
  5. Defragment HDD laptop

*SEMOGA BERMANFAAT
SELAMAT MENCOBA*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s