LANGKAH-LANGKAH MENGHADAPI INTERVIEW

Banyak orang menilai watak seseorang melalui pertemuan pertama. Survey membuktikan, kebanyakan penguji memutuskan penilaian pada menit-menit pertama pada awal wawancara. Karena itu, patut diperhatikan pada awal wawancara adalah penampilan yang meyakinkan, pakaian menarik dan tidak tampil aneh.

Dibawah ini adalah beberapa saran mengatasi kecemasan saat wawancara:

  1. Ketika masuk ke ruang wawancara, jangan lupa menutup pintu dengan perlahan. Ucapkanlah salam kepada penguji, disertai dengan senyum manis.
  2. Jangan duduk sebelum di persilahkan. Setelah itu usahakan untuk tetap tenang. Ketenangan akan memberikan energi lebih untuk bisa mengondisikan diri dalam menerima pertanyaan.
  3. Hindari melihat ke jam terlalu sering, banyak bergerak, mempermainkan jari-jemari atau janggut, terlalu sering meluruskan ikat pinggang, hal ini untuk menjauhi penilaian bahwa anda kurang komitmen, cepat bosan dan kurang berwibawa.
  4. Pandanglah mata lawan bicara lebih banyak ketika ia berbicara. Pandanglah lebih banyak ketika  Anda berbicara padanya, hal ini untuk menunjukah antusiasme sekaligus menunjukan keperibadian yang  kuat dan juga percaya diri yang tinggi.
  5. Jika Anda dihadapkan pada pertanyaan yang tidak anda siapkan sebelumnya, jangan panik dan tergesa-gesa untuk menjawabnya berfikirlah sejenak.
  6. Hindari jawaban yang terlalu singkat. Jawablah dengan sedikit lebih rinci.
  7. Bicaralah dengan suara yang jelas dan terdengar. Tidak perlalu keras dan tidak terlalu pelan.
  8. Hindari percakapan yang mengarah pada debat. Beragumenlah dengan cara yang bijaksana.

 

ADA BEBERAPA HAL YANG HARUS DIHINDARI KETIKA MENGHADAPI INTERVIEW. DIANTARANYA ADALAH:

  1. Jangan memakai pakaian yang berwarna gelap/terlalu mencolok. Usahakan memakai pakaian yang mencerminkan kesan segar,semangat dan carah.
  2. Jangan memakai parfum yang wanginya terlalu mencolok. Perhatikan juga bau badan anda, pakailah anti deodorant.
  3. Jangan memakai aksesoris yang berlebihan seperti gelang, kalung, cincin, boleh memakai jam tangan.

Jangan sampai penguji pinsan karena bau mulut anda. Hindari juga makan makanan yang menyebabkan bau mulut seperti bawang, jengkol, pete dan sebagainya.

Selamat mencoba saran-saran di atas. Semoga bermanfaat dan semoga sukses.

Jika Alloh menetapkan anda gagal dalam wawancara, jangan menjadikan hal itu sebagai pangkal penyesalan dan sebab kemarahan, tapi jadikan sebagai bahan evaluasi diri agar lebih baik dalam meng hadapi wawancar brikutnya lebih baik.

Untuk anda ketahui, bisa saja sebab kegagalan Anda tidak bersumber dari kelemahan Anda, tapi karena terlalu banyak pendaftar lain dan terbatasnya pegawai yang dibutuhkan. Mungkin juga kegagalan itu adalah jalan terbaik yang dipilihkan Alloh. Bisa jadi itu sumber kejelekan dan bala dimasa depan kehidupan Anda, karena kebaikan adalah yang selalu dipilihkan oleh Alloh.

Jangan menyerah jangan pula berputus asa. “JADIKAN KEGAGALAN ANDA ADALAH KENDARAAN ANDA MENUJU KESUKSESAN”

https://sunsundanes.wordpress.com/2012/07/10/langkah-langka…dapi-interview/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s